Tempat Wisata di Kulon Progo

Yogyakarta sudah dikenal sebagai Kota Pariwisata. Salah satu bagian dari Kota Yogyakarta adalah Kulon Progo. Kulon Progo merupakan sebuah kabupaten di sisi barat Kota Yogyakarta. Kolon Progo berbatasan dengan propisnsi Jawa tengah tepatnya dengan Kota Purworejo. 

Kulon Progo selain menpunyai makanan khas untuk oleh oleh " PEYEK JOGJA  " juga mempunyai tempat wisata yang layak kita kunjungi. Selama ini mungkin tempat wisata di Kulon Progo belum terkenal dan banyak di publikasikan. Namun demikian justru tempat tempat pariwisata tersebut nampak masih perawan dan belum banyak tercemari oleh tangan tangan jahil yang suka iseng merusak lingkungan. Mari kita lihat satu demi satu sebagai berikut :

PUNCAK SUROLOYO
Lokasi Puncak Suroloyo terletak di Dusun Keceme, Desa Gerbosari Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini langsung berbatasan dengan Jawa Tengah tepatnya daerah Magelang. Kondisi alam disini merupakan puncak bukit yang cukup dingin dan sejuk udaranya. Hamparan perkebunan yang nampak hijau sangat menyejukan mata pengunjung. Di lokasi ini juga terdapat gardu pandang yang dapat untuk melihat kesegala penjuru arah pandang.

Punokawan yang ramah menyambut wisatawan

tangga menuju puncak ...

panorama puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

ANCOL KALIBAWANG
Namanya Ancol namun tentunya tempat wisata ini berbeda dengan Ancol yang ada di Jakarta. Lokasi ini merupakan sebuah sungai PROGO yang masih alami dengan bebatuan yang cukup indah. Lokasi ini juga menjadi sumber air (hulu) dari selokan mataram yang melewati kota Yogyakarta.  Lokasi tepatnya adalah di Dusun Pantong Wetan, Banjaroya, Kalibawang, Kulon progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bendungan berarsitektur Belanda ini biasanya ramai dikunjungi oleh anak-anak muda pada hari libur. Hamparan indah air mengalir yang pecah terbentur bebatuan itu sangat mempesona. Suara gemuruh air dan angin yang berhembus sejuk pun sangat memanjakan para wisatawan yang berkunjung di ANCOL KALIBAWANG ini.


Ancol Kalibawang

GUA KISKENDA
Sebuah gua alami yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini terdapat beberapa tempat sakral yang digunakan sebagai ritual antara lain pertapaan Kusuma, pertapaan ledhek dan pertapaan santri Tari. Tempat ini berada di Bukit Menoreh yang udaranya sejuk dengan pemandangan alam yang mempesona.


Gua Kiskendo
GUA MARIA SENDANGSONO
Sendangsono adalah tempat ziarah Goa Maria yang terletak di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Gua Maria Sendangsono dikelola oleh Paroki St. Maria Lourdes di Promasan, barat laut Yogyakarta.
Tempat ini ramai dikunjungi peziarah dari seluruh Indonesia pada bulan Mei dan bulan Oktober. Selain berdoa, pada umumnya para peziarah mengambil air dari sumber. Mereka percaya bahwa air tersebut dapat menyembuhkan penyakit.
Catatan terkait memperlihatkan, Sendangsono awalnya merupakan tempat pemberhentian (istirahat sejenak) para pejalan kaki dari Kecamatan Borobudur Magelang ke Kecamatan Boro (Kulon Progo), atau sebaliknya. Tempat itu banyak dikunjungi karena keberadaan sendang (mata air) yang muncul di antara dua pohon sono.
Kesejukan dan kenyamanan tempat itu ternyata juga dimanfaatkan untuk bertapa oleh sejumlah rohaniawan Buddha dalam rangka menyucikan dan menyepikan diri. Nilai spiritualistik muncul dan menguat seiring dengan adanya kepercayaan yang didasarkan pada suatu legenda bahwa tempat itu juga dihuni Dewi Lantamsari dan putra tunggalnya, Den Baguse Samija.
Dari situ bisa dilihat bahwa sebenarnya nilai rohani Sendangsono sudah terbangun sebelum Gereja Katolik berkarya di tempat itu.

Keberadaan Sendangsono tak luput dari peran Romo Van Lith SJ, rohaniawan Belanda yang lama tinggal di Pulau Jawa. Hal itu juga menandakan bahwa Sendangsono tidak bisa dilepaskan dari lingkaran sejarah Gereja Katolik di Pulau Jawa mengingat Romo Van Lith sendiri merupakan salah satu rohaniwan yang menyebarkan ajaran Katolik di Pulau Jawa.
(sumber : wikipedia)


Gua Maria Sendangsono

WISATA KALIBIRU
Tempat indah ini berada di Desa Hargowilis, kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini sering digunakan untuk kegiatan out bond, training, wisata pedesaan, wisata budaya, wisata keluarga, terapi alam dan trekking.




Demikian sekilas info pariwisata Kulon Progo semoga bermanfaat ! Untuk oleh oleh silakan membeli PEYEK JOGJA . Salah satu makanan khas yang digemari dan cukup laris manis dari Kulon Progo. Untuk Info dan pemesanan silakan Telp. 087739294440 atau 08121579805. Salam Hangat dari Peyek Jogja |dot| com

referensi : Tribun Jogja